Radar Banyumas Koran Lokal Khusus Di Area Banyumas

radar banyumas,koran radar banyumas
Radar banyumas merupakan salah satu koran lokal yang ada di wilayah karisidenan banyumas. Koran ini pada masa lalu mengalami pertumbuhan yang cukup pesat , terutama ketika era online belum hadir di tengah tengah masyarakat. Seperti koran lainnya,  ia sangat rajin menyajikan berita berita hangat yang terjadi di sekitar masyarakat. Sebagian besar isu yang sedang berkembang di wilayah banyumas dan sekitarnya sengaja di terbitkan untuk memenuhi hasrat manusia akan informasi terbaru.

Radar banyumas bisa tumbuh dan berkembang tentu karena mendapat dukungan dari pelanggan, walau secara detail belum ada kepastian berapa jumlah pembaca pasti dari radar banyumas namun mereka mengklaim sebagai koran terbesar yang ada di wilayah banyumas. Sebenarnya hal itu perlu di dukung dengan data yang valid, up to date dan tidak mendasarkan pada data data yang berlaku pada masa lalu. Karena saat ini era telah berubah dan masyarakat mulai melirik media online yang tidak perlu lagi membayar untuk mendapatkan berita atau informasi yang dibutuhkan.

Ditambah lagi dengan kehadiran situs jejaring sosial yang makin menambah ketatnya persaingan di dunia media dan berita. Facebook atau twitter telah menjadi pembuka era baru bagi mereka yang ingin terhubung untuk saling memberi informasi dan melakukan komunikasi satu sama lain. Ditambah lagi dengan lahirnya google yang telah mendominasi dunia pencarian informasi., Saat ini orang lebih banyak memakai google ketika mereka mencari informasi daripada membaca koran atau majalah. Bahkan wartawan dan sebagian pelaku media juga memakai google untuk menyusun berita yang mereka terbitkan.

Tentunya dengan adanya fakta seperti ini maka radar banyumas dan media lokal lainnya akan menghadapi tantangan yang cukup berat.Mereka tak bisa lagi mengandalkan pembaca offline yang secara pasti akan makin menurun. Cepat atau lambat jumlah pembaca akan berkurang karena tergerus oleh media online yang kini lahir bagaikan jamur di musim hujan. Bahkan jika kita mau bercermin pada perkembangan koran koran yang lenyap di luar negeri maka tentunya menjadi sangat strategis untuk membuat perubahan yang lebih baik.

Koran selevel kompas saja bisa mengalami penurunan dalam hal jumlah pembaca maka koran lokal pun tak akan bisa membendung lagi arus kebebasan dari media online. Namun demikian tentunya koran lokal dalam bentuk cetakan masih relevan hingga saat ini, koran lokal tetap dibutuhkan sebagai bentuk penyeimbang media online yang cenderung berkembang tanpa pengawasan secara ketat dari pemerintah.

Semoga ke depan radar banyumas akan tetap eksis dan tidak mengalami kehancuran sebagaimana yang diderita oleh koran koran dari luar negeri. Radar banyumas, bagaimanapun punya hubungan emosional dengan masyarakat banyumas dan telah memiliki jasa penting untuk ikut serta mencerdaskan masyarakat banyumas dan sekitarnya. Ini hanyalah tulisan seorang pemilik blog yang memberi respek positif untuk harian umum radar banyumas. Terima kasih dan sukses selalu untuk radar banyumas selamanya.

Lanjutkan dengan membaca artikel berikut :