7 Cakra Utama Tubuh Manusia Wajib Dibaca

Pembahasan mengenai 7 Cakra Utama Tubuh Manusia merupakan kelanjutan.dan terkait erat dengan 7 hal yang menjadi sumber kekuatan luar biasa untuk mencapai sukses.Bagi anda yang belum membacanya silahkan untuk membukanya terlebih dahulu klik disini 7 Hal Misterius Yang Jadi Rahasia Kekuatan Pribadi

1)    Cakra ke.1; Muladahara (Cakra Komunitas) terletalk di antara anus dan alat kelamin. Cakra komunitas diasosiasikan dengan berbagai kepercayaan, nilai-nilai, budaya, masyarakat, keluarga, dan tradisi yang kita miliki sejak kecil.

2)    Cakra ke.2: Svadhistana  (Cakra hubungan) terletak di atas kelamin diasosiasikan dengan rasa pengendalian dan hubungan seksual, pertemanan, bisnis, kemitraan, uang dan kekuatan interpersonal. Ia juga berisi kebutuhan-kebutuhan kita untuk memegang kendali atas suatu situasi.

3)    Cakra ke-3: Manipura. (Cakra pikiran) terletak di dalam ulu hati, Ia diasosiasikan dengan pola-pola keyakinan bahwa kita yakini mengenai diri kita, Tampilan fisik kita, kecerdasan, keterampilan-keterampilan, dan aktivitas-aktivitas fisik kita dalam hal apa pun.

4)    Cakra ke -4 : Anahata (Cakra Emosional)  terletak di jantung are di tengah-tengah dada Cakra ini dianggap sebagai pengahsil semua jenis emosi seperti cinta, saying, kebaikan dan permaafan. Ia juga mengahsilkan emosi-emosi negative seperti kemarahan, kecemburuan, dan kebencian. Ini dikenal sebagai cakraa paling menantang untuk dikuasai dan dikendalikan karena kemampuan untuk mencipta dan merusak.

5)    Cakra ke-5; Vishudha ( Cakra kekuatan Keinginan) terletak di daerah tenggorokan dan dianggap sebagai pusat kekuatan keinginan manusia. Meskipun pertemuan pertama Anda dengan kekuatan terjadi cakra kedua, dimana Anda belajar membangkitkan kekuatan dan mengendalikan orang lain. Cakra ke lima memungkinkan Anda untuk angkat bicara, menentukan kebutuhan dan memiliki rasa pengendalian diri dan kepercayaan diri yang kuat dalam hidup Anda.

6)    Cakra ke-6: Hridies (Cakra kekuatan pikiran) terletak di daerah kening. Cakra kekuatan pikiran diasosiasikan dengan kapasitas kita untuk memvisualisasikan dan melihat melampaui yang terlihat, dan memahami konsep-konsep mental. Cakra ini juga terhubung dan memahami konsep-konsep mental. Cakra ini juga terhubung dengan kecerdasan dan kemampuan kita untuk berpikir.

7)    Cakra ke-7 : Sahasrara(Cakra Mahkota)terletak di puncak tengah-tengah kepala. Ia diasosiasikan dengan spiritualitas kita. Cakra mahkota bekerja sebagai magnet yang menarik kita ke atas dan menyebabkan kita merasakan kebutuhan untuk berhubungan dengan Tuhan. Ia member kita harapan, keimanan, kedamaianbatin, dan rasa memiliki tujuan dalam kehadiran kita di dunia. Disinilah tempat Anda menyimpan doa-doa Anda dan juga doa-doa orang lain untuk Anda.

Dengan mengenal ke-7 Cakra ini diharapkan Anda dapat selalu dapat membuka dan mengisi ketujuh pusat energy positif yang bisa Anda gunakan ke dalam kehidupan sehari-hari. Dan Anda akan lebih sehat dan lebih bahagia, dan Anda akan sanggup menghadapi berbagai tantangan hidup dengan kekuatan, mencapi tujuan-tujuan Anda dan menjadi yang terbaik.     

6.    Kekuatan Konsentrasi

Orison Swett Marden “ Berkonsentrasilah karena pencapaian terbesar disediakan bagi seseorang dengan satu tujuan, yang di dalamnya tak ada kekuatan saingan bisa membagi kerajaan jiwanya.
Konsentrasi adalah kekuatan untuk mecapai kebutuhan-kebutuhan yang belum terpuaskan untuk dapat terpenuhi.

Dr. Ibrahim Elfiky “ Apapun yang Anda konsentrasikan akan menetukan takdir Anda. Berlaku bijaklah dan konsentrasikan energy Anda pada hasrat-hasrat terbesar hidup Anda. 
Lima kebutuhan dasar yang mempengaruhi konsentrasi kita:

Kebutuhan Fisiologis, menyangkut kebutuhan kita untuk bertahan hidup, seperti makanan, air, udara, kehangatan tubuh, tidur, keamanan, dan kenyamanan.Kebutuhan Emosional, menyangkut kebutuhan akan cinta, sejak kita dilahirkan, kita membutuhkan cinta dan kasih saying dari orang tua.Kebutuhan Psikologis, meliputi kebutuhan terhadap pertemanan dan berbagai hubungan dengan kita mengenai persoalan-persoalan pribadi dalam hidup.

Kebutuhan mental, meliputi perkembangan  kebutuhan terhadap pertumbuhan, pencapaian-pencapaian, dan kemajuan. Ia adalah proses  perkembangan pribadi dan pencarian makna secara terus- menerus.Kebutuhan Spiritual; kita memiliki kebutuhan yang amat kuat untuk terhubung dengan sesuatu yang lebih tinggi dari kita dan dunia lahiriah di sekitar kita, kebutuhan untuk terhubung dengan Pencipta kita.

7.    Kekuatan Keputusan 
Dr. Ibrahim Elfiki : “ Kekuatan terbesar kita adalah kekuatan untuk memilih. Kita bias memutuskan ke mana kita ingin pergi, apa yang ingin kita lakukan, apa yang kita pikirkan, dan ingin menjadi apa diri kita pada masa depan. Itu adalah anugerah Tuhan kepada seluruh umat manusia.James Allen :
“ Seorang manusia, cepat atau lambat, mengetahui bahwa dia adalah sang tuan pemilik kebun bagi jiwanya, sutradara untuk kehidupan”.

 Tiga prinsip kuat di balik keputusan-keputusan yang mengubah hidup.

-    Prinsip utama adalah Frustasi.
Frutasi adalah kekuatan. Bahkan, merupakan salah satu dorongan yang kuat di balik banyak pencapaian besar. 

-  Inspirasi adalah fondasi utama dan kekuatan untuk membuat keputusan-keputusan yang mengubah hidup .

-  Ketakutan. Rasa takut merupakan dorongan kuat yang menyebabkan orang-orang melakukan hal-hal yang tak ingin mereka lakukan, mengatakan hal-hal yang sebenarnya tak ingin mereka katakana.

Kepribadian merupakan kekuatan-kekuatan psikologis yang membuat setiap orang unik. Seunik apakah diri kita sebagai individu harus dapat mengenal factor-faktor internal dan eksternal.Dengan mengenal factor–faktor tersebut kita dapat menyesuaikan dalam kehidupan yang sangat kompleks di masyarakat, dan kita pun dapat menganal kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh setiap individu.

Tujuh rahasia kekuatan pribadi ini diharapkan Anda dapat selalu  membuka dan mengisi ketujuh pusat energy positif yang bisa Anda gunakan ke dalam kehidupan sehari-hari. Dan Anda akan lebih sehat dan lebih bahagia, dan Anda akan sanggup menghadapi berbagai tantangan hidup dengan kekuatan, mencapai tujuan-tujuan Anda dan menjadi yang terbaik.
     
Memahami kondisi emosi dan perasaan diri sendiri dan apalagi dengan orang lain sama sekali bukanlah pekerjaan mudah padahal untuk bisa menjalin komunikasi dan relasi apa pun secara harmonis dan positif dengan orang lain sangat ditunjang oleh kemampuan memahami situasi kepribadian orang lain. 

Lanjutkan dengan membaca artikel berikut :