7 Hal Misterius Yang Jadi Rahasia Kekuatan Pribadi

Memiliki kepribadian yang kuat maksudnya . antara lain, mengenali diri sendiri dengan baik. Dapat menerima dirinya sendiri dengan segala kelemahan dan keunggulan, dapat menerima orang lain sebagaimana apa adanya. Tidak mudah terpengaruh. Tidak mencari keuntungan untuk dirinya sendiri, tetapi memikirkan kepentingan orang lain atau masyarakat umum.

Keterampilan Sosial (social skills) itu dapat dipelajari dan dikembangkan seperti ketrampilan lainnya. Oleh karena itu, upaya untuk meningkatkan kualitas manusia Indonesia tidak terhenti pada jenjang pendidikan formal saja banyak sekali cara untuk mengembangkan diri yang semuanya saling berkaitan dan saling melengkapi   Dalam hal ini sebagai individu yang dan juga  sebagai makhluk social yang tidak terlepas dari kehidupan di masyarakat. Sebagai makluk yang sempurna dimana kita dikarunia kesempurnaan dengan kelebihan –kelebihan yang kita miliki.

Pembangunan masyarakat hanya dapat digalakkan oleh manusia-manusia yang berkepribadian kuat . Memiliki kepribadian yang kuat maksudnya . antara lain, mengenali diri sendiri dengan baik. Dapat menerima dirinya sendiri dengan segala kelemahan dan keunggulan, dapat menerima orang lain sebagaimana apa adanya. Tidak mudah terpengaruh. Tidak mencari keuntungan untuk dirinya sendiri, tetapi memikirkan kepentingan orang lain atau masyarakat umum.

Keterampilan Sosial (social skills) itu dapat dipelajari dan dikembangkan seperti ketrampilan lainnya. Oleh karena itu, upaya untuk meningkatkan kualitas manusia Indonesia tidak terhenti pada jenjang pendidikan formal saja banyak sekali cara untuk mengembangkan diri yang semuanya saling berkaitan dan saling melengkapi   Dalam hal ini sebagai individu yang dan juga  sebagai makhluk social yang tidak terlepas dari kehidupan di masyarakat. Sebagai makluk yang sempurna dimana kita dikarunia kesempurnaan dengan kelebihan –kelebihan yang kita miliki.

Akan tetapi, banyak orang menjalani hidup mereka tanpa sedikit pun menyadari betapa hebat sebenarnya manusia. Organ-organ tubuh  khususnya otak memiliki lebih dari 100 miliar sel saraf (Dr.Eric H. Chulder dari Departemen Anestesiologi pada University of Washington) dan jika semuanya digabung dan direntangkan dalam satu garis, panjangnya akan mencapai sekitar 1.000 km. Jika Anda menghitungnya, dan dibutuhkan satu detik untuk setiap sel, Anda akan perlu waktu 3.171 tahun untuk menghitung semua sel otak yang jumlahnya 100 miliar itu.

Maka setiap kali seseorang berkata.” Saya tidak bisa.” Cobalah untuk koreksi: Anda mampu, tapi Anda tidak mau. Anda memang sangat dahsyat. Setiap hari kita menemukan sesuatu yang baru tentang betapa hebatnya diri kita. Dan sangat percaya bahwa setiap diri kita memiliki kemampuan untuk menjadi, melakukan, dan memiliki apa pun yang kita inginkan dalam hidup.

Kualitas potensi seorang  Widyaiswara  dalam proses pembelajaran harus mencoba gunakan potensi sejati Anda sampai tingkat yang paling maksimal. Sekarang waktunya menjadi Widyaiswara yang Anda inginkan. Dengan menciptakan perubahan-perubahan dalam hidup. 

Dalam proses pembelajaran dapat menerapkan kekuatan pribadi yang prima untuk keberhasilan serta meningkatkan pembelajaran yang bermutu dapat memuaskan terhadap  peserta pendidikan dan pelatihan, sehingga apa yang diharapkan dalam pendidikan dan pelatihan dapat tercapai serta terwujudnya Sumber daya Manusia yang berkualitas.Dalam hal ini diharapakan sebagai seorang Widyaiswara untuk dapat menerapkan Rahasia- Rahasia Kekuatan Pribadi 

1.    Kekuatan Kesadaran  “ Kenalilah dirimu” (Socrates)

“ Manusia bukanlah makhluk ciptaan lingkungan; Lingkunganlah yang merupakan ciptaan manusia. Kita adalah agen-agen bebas, dan manusia lebih hebat dari segala sesuatu .Kesadaran Internal : Kesadaran internal adalah menyadari secara total apa yang tengah terjadi dalam diri Anda, pikiran-pikiran, keyakinan dan nilai-nilai,sikap dan tingkah laku, berbagai emosi dan hal-hal yang memicu kemarahan dan hal-hal yang membangkitkan cinta Anda, keinginnan-keinginan dan kebutuhan-kebutuhan, kita menyadari dari dalam dan sadar akan kekuatan yang mengarahkan tindakan-tindakan.
Kesadaran Eksternal:  

Kesadaran eksternal adalah menyadari sistuasi di sekeliling kita bagaimana perasaan orang-orang dan menyadari kebutuhan-kebutuhan, keinginan, dan hasrat mereka, sadar akan matahari terbit dan terbenam , Kesadaran eksternal adalah menjadi sadar bahwa dalam hidup ini tidak ada yang tetap semua apa yang ada di luar kita selalu berubah untuk itu kita harus bisa menyikapi itu semua.

Lima Dimensi Hidup Seimbang 

Kita sebagai diri pribadi harus tahu situasi sekarang pada masing-masing Dimensi sehingga jadi memahami situasi kita sepenuhnya bahwa kita sebagai manusia sangat unik dan kuat. Jadikan masa lalu sebagai mimpi kebahagian, dan masa depan merupakan visi sebuah harapan ingat Mimpikan impian-impian besar, Hiduplah dengan memiliki tujuan, Hiduplah dengan keyakinan, dan hiduplah dengan kekuatan.

2.    Kekuatan Tujuan

•    William James “ 
Ada sebuah suara dalam diri yang berbicara dan mengatakan: Inilah aku yang sebenarnya”
•    Gerge Bernard Shaw” 
Orang-orang yang maju dalam hidup ini adalah orang-orang yang bangkit dan mencari lingkungan yang mereka inginkan, lalu jika mereka tak dapat menemukannya, mereka menciptakannya. 

Ada lima prinsip utama yang berada dibawah kekuatan tujuan, Yang pertama adalah impian , dikuti oleh pemikiran, ditenagai oleh harapan, dibangkitkan oleh hasrat, dan akhirnya disadari oleh keyakinan

3.    Kekuatan Keyakinan.

Kahlil Gibran “ “Tuhan telah menciptakan sejumlah pintu untuk Dia bukakan kepada kebenaran. Dia membukanya bagi siapa saja yang mengetuk dengan tangan keyakinan
Keyakinan adalah kekuatan dibalik semua pencapaian, Ia adalah jaminan yang meya adalah kepercayaan yang telah matang hingga pada titik dimana kita berani mengambil tindakan
Kepercayaan membuat merasa mampu mencapai impian, keyakinan membuat kita akan mencapainya. 
•    Kepercayaan berkaitan dengan apa yang mungkin. 
•    Keyakinan berkenaan dengan yang mustahil dan mengubah menjadi kenyataan.
•    Kepercayaan mengendalikan pikiran kita
•    Keyakinan membuat kita bertindak

Keyakinan adalah kepastian, jaminan, kepercayaan, dan kebenaran yang meyakinkan di balik tindakan-tindakan kita. Ada tiga jenis Keyakinan yang harus kita pahami.

a)    Keyakinan Kepada Tuhan” kita bisa mensyukuri segala apa yang kita nikmati, rasakan dan kita lihat serta apa yang ada di Dunia merupakan hasil ciptaan Tuhan Yang Maha Esa karena kasih sayangnya kepada kita semua
b)    Keyakinan kepada Diri Sendiri.

Aku percaya pada diriku sendiri dan kemampuanku untuk sukses. Aku percaya aku bisa dan akan menjalani hidup sesuai dengan impian-impianku. Aku memiliki keyakinan mutlak. Keyakinan pada diri sendiri harus digabungkan dengan keyakinan kita kepada Tuhan Yang Maha Esa, bersyukur dan berdoa kepadanya. Jadi Tuhan meminta kita untuk memiliki keyakinan mutlak kepadanya dan Dia juga meminta kita untuk melaksanakan, bertindak, bekerja dan memiliki keyakinan pada diri sendiri dan pada kemapuan.

c)    Keyakinan Kepada Orang Lain.

Ketika kita memiliki keyakinan kepada orang lain, Kita akan bergabung dengan barisan orang-orang bijak yang percaya bahwa kita nyaris tidak bias melakukan apa pun tanpa orang lain, dan jika kita ingin orang lain mempunyai keyakinan kepada kita, kita harus memiliki keyakinan terhadap mereka. Dengan kekuatan keyakinan, Kita akan bisa mendaki gunung tertinggi dan berenang di samudra terluas. Dengan kekuatan keyakinan.

Kekuatan keyakinan adalah sumber utama segala pencapaian . Dengan keyakinan kita mentenagai diri kita dan kita menjalani hidup dengan merasa percaya diri dan hebat. Dengan keyakinan, kita melahirkan diri kita dan melengkapi pikiran, tubuh, dan jiwa kita. Mimpikan impian-impian besar; Hiduplah dengan memiliki tujuan, Hiduplah dengan keyakinan, Hiduplah dengan kekuatan.

4.    Kekuatan Cinta

Peribahasa India “ Di mana cinta bersemi, di situ sesuatu yang mustahil akan dicapai.
Cinta menyembuhkan segalanya? Tidak ada yang tidak bisa dilakukan cinta di dunia ini. CINTA adalah jawaban bagi persoalan-persoalan kita, jalan sejati menuju kebahagian, dan fondasi utama untuk kekuatan pribadi. 

Karena tidak adanya CINTA, kita merasa tak bahagia, gelisah,tertekan,dan tersesat. Dengan tidak adanya CINTA, kita kekurangan penghargaan terhadap diri sendiri (self-esteem) dan juga kepercayaan diri. Tetapi dengan CINTA, kita merasa hidup.Ada tiga komponen kuat dari cinta adalah memaafkan, mencintai, dan memberi

Permaafan merupakan tindakan Tuhan. Ia adalah bentuk tertinggi dari cinta; ia membebaskan kesenangan, membawa kedamaian, melemahkan emosi-emosi negative dan mengurangi penderitaan-penderitaan dan kesengsaraan yang tak perlu. Francis Bacon, “ Salah satu rahasia hidup panjang umur dan berlimpah adalah memaafkan siapa saja dan apa saja, setiap malam sebelum anda tidur.

Jadilah orang yang menyenangkan di manapun berada. Sebagaimana dikatakan Konfusius “ Jarak paling dekat di antara dua orang adalah gelak tawa. Setiap manusia layak untuk dicintai dan dipedulikan. Kebanyakan dari kita tumbuh dengan kekurangan cinta, tetapi justru menjadi alas an yang lebih menguatkan untuk kita aling mencintai sesama dan memedulikan satu sama lain. Ketika kita mencintai, kita tidak hanya menarik semakin banyak cinta kepada diri kita, tetapi kita juga membuat dunia ini menjadi lebih baik.

Hal-hal yang paling dibutuhkan di dunia adalah kebahagiaan, kebebasan, dan pikiran yang tenang. Dan kita bias mencapai semua itu dengan cara memberikannya kepada orang lain. Memberi adalah tindakan hati, bukan perintah dari otak. Memberi adalah ungkapan cinta dan keyakinan, dan jika ingin menerima maka kita harus member. Sebuah peribahasa Cina mengatakan 

“ Taburlah banyak maka panen yang banyak, dan taburlah sedikit maka panen sedikit.(Orison Swet Marden ) “ Kita harus lebih banyak member untuk mendapat banyak. Kedermawan kita dalam member itulah yang mendatangkan hasil panen yang berlimpah. Ada Empat cara dalam memberi
Menurut Dr. Will Rose “ Apapun yang kauhabiskan akan hilang. Apapun yang kausimpan, orang lain akan dapatkan. Apapun yang kauberikan, itulah milikmu selamnya.

Peribahasa Cina “ Sedikit keharuman selalu menempel di tangan yang memberikan mawar. Waktu adalah uang, dan terkadang memberikan waktu bias membuat perubahan jauh lebih banyak kepada seseorang.Ibrahim Elfiky “ Seratus tahun dari sekarang Takkan ada artinya berapun uang yang kupunya , Rumah seperti apa yang kutinggali…Mobil jenis apa yang kunaiki…. Tetapi dunia bisa jadi berbeda karena….cinta yang kuberikan dan pengetahuan yang kubagikan.
 Konfusius “ Dia yang ingin melayani orang lain de3ngan kebaikan telah melayani dirinya sendiri.

5.    Kekuatan Energi Positif

Ralp Waldo Emerson “ Hidup adalah serangkaian pelajaran yang harus dihidupi untuk dipahami
Sangston “ Kembalilah ke akar dan engkau akan menemukan makna”Ada system lain yang terdapat dalam tubuh kita, Atau akan lebih akurat kalau dikatakan bahwa tubuh kita ada karenanya. Sistem itu jauh melampaui system tubuh sebenarnya yang kita ketahui. Sistem tersebut terdiri dari pusat energy yang sangat mempengaruhi kesehatan dan keselamatan kita. 

Ketika pusat energy tidak seimbang, sakit dan tidak punya kendali. Tetapi ketika pusat energy seimbang, akan penuh vitalitas serta energy yang bersemangat dan merasa memiliki kendali atas hidup. Untuk menjaga agar tetap seimbang dan membawa pada kesehatan, energy bersemangat dan kehidupan yang lebih bahagia. Rahasia-rahasia kekuatan pribadi dan menemukan keajaiban-keajaiban dari kekuatan energy positif.

Energi Chi
Pada millennium ketiga Sebelum Masehi, bangsa Cina menyatakan adanya suatu energy vital yang mereka sebut Chi. Chi ini terdiri dari dua kekuatan yang berlawanan, Yin dan Yang. Ketika keduanya seimbang, seseorang memiliki fisik yang sehat. Ketika tidak seimbang, mereka menyebabkan penyakit. Akupuntur, suatu tradisi pengobatan bangsa Cina kuno yang didasrkan pada Chi, berfokus menyeimbangkan Yin dan Yang untuk mendapatkan aliran energy yang seimbang. 

(Sophia Blawyn dan Suzanne Jones)” Menggambarkan Chi sebagai aliran energy yang mengalir di dalam tubuh dan memberikaan vitalitas dan keseimbangan.Dr. Carroline Myss “ Tanpa energy Chi, tubuh fisik tidak bias ada. Tapi dengannya, Anda memiliki kekuatan kehidupan yang besar yang bias menciptakan perubahan di dalam kehidupan.

Kebanyakan orang tidak mengetahui kekuatan energy Chi yang kita mliki dan mereka terus-menerus kehilangan energy Chi ketika mereka sedang marah, frustasi, tertekan, dan memiliki emosi-emosi negative. Ini menyebabkan mereka kehilangan keseimbangan dan kendali atas hidup mereka.Teknik sederhana dan sangat ampuh yang akan memungkinkan Anda menjaga kekuatan energy Chi.
a.    Berdiri tegak dan tempatkan kedua tangan Anda di atas ulu hati (solar plexus) , tepat dibawah tulang rusuk. Tempatkan tangan kanan Anda diatas tangan kiri Anda.

b.    Tarik napas dari hidung, dorong perut Anda keluar, Anda akan melihat bahwa kedua tangan Anda juga terdorong kea rah luar, Isi paru-paru Anda, kemudian keluarkan napas dari mulut, tarik perut ke bagian dalam. Lepaskan semua oksigen dari tubuh Anda seolah ia keluar melalui kedua kaki Anda,

c.    Ulangi latihan tersebut dan kali ini ketika Anda mengambil nafs bayangkan suatu cahaya biru memasuki tubuh Anda dari kepala. Ketika Anda mengembuskan napas, bayangkan cahaya biru itu turun ke bawah ke bagian kaki.

d.    Ulangi latihan ini tiga kali. Lakukan kegiatan ini dua kali sehari.

Lanjutkan dengan membaca artikel berikut :