Bahasa Tubuh Yang Mendatangkan Karisma Diri

Karisma diri akan semakin memancar keluar jika Anda benar-benar menempuh cara hidup yang benar, Bukan hanya dalam kata-kata, Anda tunjukan cara hidup yang demikian, tetapi juga Anda tunjukan dalam bahasa tubuh Anda . Inilah yang terpenting. Keselarasan antara apa yang ada dalam pikiran dan hati Anda dengan sikap tubuh Anda sangat menentukan penlaian orang lain terhadap diri Anda , maka sikap tubuh Anda itulah yang akan menjadi patokan tentang apa yang terjadi pada diri Anda.  Akan sangat lucu ketika Anda mengatakan tentang sesuatu yang menggembirakan namun tubuh Anda menunjukan sikap yang menandakan adanya kesedihan.

Pada tahun 1971, seorang psikolog social, Prof Albert Mehrabian dari Universitas of Los Angeles (UCLA) melakukan penelitian kekuatan kreatif dari pesan verbal dan non verbal. Hasil  penelitian mengungkap tiga elemen dasar yang terdapat dalam sebuah pesan dalam setiap  komunikasi. Ketiga elemen dasar itu adalah bahasa tubuh, dan kata-kata. 

Mehrabian merinci ketiga elemen tersebut dalam sebuah rumus 66, 38, 7 yang terkenal dengan mengungkap bahwa;

-    55 % makana dalam setiap pesan berasal dari bahasa tubuh visual (gerakan, sikap, dan ekspresi wajah).

-    38 % makana dalam setiap pesan berasal dari elemen non verbal, dari perkataan (vokal). Atau dengan kata-kata tersebut diucapkan melalui nada, pola, dan kecepatan suara.

-    7 % makna tersebut berasal dari kata-kata yang sebenarnya . Maksudnya, arti lahir dari kata-kata yang terucap tersebut

Ketika Anda belum mulai membuka mulut, ternyata anggota tubuh Anda telah melakukan gerakan yang mengatakan sebaliknya. Maka bahasa tubuh Andalah yang akan dibaca sebagai pembawa pesan Anda. Dari bahasa tubuh, orang akan tahu bahwa Anda percaya diri, pintar, dan bersemangat, atau justru sebaliknya, Ingatlah, hanya sebagian kecil dari komunikasi melibatkan kata-kata yang actual. Tepatnya 7 persen. Sisanya? Sebanyak 55 persen dari komnikasi adalah visual(bahasa tubuh, kontak mata ) dan 38 persen berupa vocal (nada, kecepatan, volume dan nada)

Seorang komunikator eksekutif dunia terbaik memiliki bahasa tubuh yang kuat, yang merefleksikan rasa percaya diri, kompeten, serta terlihat penuh karisma. Maka, jangan Anda lupakan bahasa tubuh Anda ketika anda menginginkan untuk meningkatkan karisma Anda. Jika bahasa tubuh kita keliru, maka akan menghasi;lkan yang keliru juga.

Sehingga Anda tidak mendapatkan harapan Anda dari pesan yang Anda sampaikan. Sebaliknya, bahasa tubuh yang kuat dan efektif dapat membantu menciptakan hubungan yang cepat dengan lawan bicara, dan memperlihatakan rasa percaya diri atas pesan yang Anda sampaikan.Paling tidak, ada tiga hal yang perlu Anda perhatikan dalam bahasa tubuh Anda ketika Anda sedang berbicara terutama untuk membangun karisma pada diri Anda:

Lanjutkan dengan membaca artikel berikut :