Arti Gerakan Tubuh Saat Bicara Pada Orang Lain

Arti Gerakan Tubuh Saat Bicara Pada Orang Lain -Harus anda ingat bahwa setiap orang ingin merasa dirinya istimewa. Setiap ingin merasa Anda sedang berbicara dengannya secara langsung atau bahwa mereka merupakan orang yang paling penting selama pembicaraan Anda. Karena itu, kontak mata menjadi sesutau yang tidak terhindarkan untuk Anda lakukan dalam sebuah pembicaraan. 

Suatu contoh, pernahkah ketika dalam sebuah pembicaraan yang Anda anggap serius namun lawan bicara Anda sibuk dengan Hp-nya, pasti Anda sebagai lawan bicara akan merasa tidak nyaman dan seolah-olah tidak serius dalam pembicaraan.Dengan demikian, mengalihkan kontak mata merupakan cara yang paling ampuh untuk memutuskan pembicaraan Anda. Memutus kontak mata berarti memutus sebuah pembicaraan. Begitulah yang terjadi.

Misalkan dalam sebuah presentasi yang harus Anda lakukan. Tujukan beberapa komentar Anda pada satu sisi lalu alihkan pandangan mata kebagian tengah ruangan, kemudian alihkan lagi ke sisi yang satunya lagi. Pilih mereka saat Anda menyampaikan pembicaraan. Dengan demikian, orang yang berada sekitarnya akan merasa Anda memberikan kontak mata kepada mereka.di tiap bagian dan arahkan mata Anda kepada  satu orang yang satunya. Jangan pula biarkan apa pun yang mengganggu Adilakukan se ya di belakang podium atau kursi, atau berbicara kepada seseorang dari balik computer, merupakan contoh yang menggambarkan adanya penghalang antara Anda dan lawan bicara. Jadi taruhlah laptop di samping Anda 

•    Ekspresi Wajah

Ekspresi wajah merupakan bagian dari komunikasi dengan orang lain. Dan, wajah merupakan cermin kepribadian individual. Ekspresi wajah mengungkapkan pikiran yang sedang melintas pada diri seseorang. Sebagian contoh, sebuah senyum mengungkapkan keramahtamahan dan kasih saying; mmengangkat alis mata menunjukan ekspresi heran; mengernyitkan dahi menyampaikan ketakutan dan kegelisahan. 

Jadi semua emosi dan berbagai macam tingkah manusia diekspresikan dalam emosi yang berbeda, yang itu semua tergambar di wajah. Maka, penting sekali di saat Anda melakukan komunikasi Anda tunjukkan ekspresi bahwa Anda tertarik dengan bahan pembicaraan.Karena bagaimanapun, siapa saja orangnya akan mengetahui dan mengenali ekspresi umum seperti ketertarikan, rasa takut, kesedihan, rasa malu, jijik, kejutan, kebahagiaan, kemarahan, dan keyakinan. Ekspresi wajah ini bersifat universal.

•    Gerakan Diri

Pada waktu Anda bertemu dengan seseorang yang berbicara sambil mengerakkan tangannya, dimana Anda tentu merasakan juga jika apa yang dia bicarakan menjadi semakin jelas Anda tangkap maksudnya. Bahkan, ketika itu kita merasakan juga adanya semangat di dalam mendengarkan pembicaraannya. Sangat berbeda perasaan kita ketika berada didepan seseorang yang sedang berbicara dan hanya sedikit atau bahkan sangat jarang menggerakan  pikiran yang seda termasuk kedua tangannya. 

Apalagi jika orang itu menyampaikan dengan nada lemas dan tidak bergairah. Maka tidaklah salah jika Anda tertidur ketika Anda sedang mendengar orang itu berbicara.Pada kenyataan, sering kita jumpai bahwa pembicara yang hebat dan berkarisma menggunakan lebih banyak gerakan tangan. Memang,gerakan kompleks dari kedua tangan di atas pinggang yang disesuaikan yang disesuaikan dengan pembicaraan akan merefleksikan pemikiran yang kompleks. Grakan tersebut juga memberikan keyakinan pada pendengar terhadap pembicara.Yang penting perlu Anda lakukan juga untuk menyempurnakan penampilan Anda yang sekaligus akan mempercepat terbangunnya karisma pada diri Anda. Hal penting yang dimaksud adalah sebelas sifat utama yang harus Anda miliki:

1.    Selalu Bersyukur
Orang yang bersyukur akan terbiasa mengawali hari-harinya dengan melihat segala sesuatunya dari apa yang dia dapatka, bukan dari apa yang belum/tidak dia dapatkan dalam kehidupannya ketenangan yang dihasilkan dari sikap bersyukurnyalah yang menjadi penyebabnya.

2.    Ketulusan
Ketulusan adalah sifat yang disukai oleh semua orang. Sebab, ketulusan membuat orang lain merasa aman dan dihargai karena mereka yakin tidak akan dibodohi atau dibohongi. Orang yang tulus selalu mengatakan kebenaran, tidak suka mengada-ada, pura-pura, mencari-cari alas an atau memutarbalikan fakta. Prinsipnya’Ya di atas ya dan tidak diatas tidak.

3.    Rendah Hati
Kerendahatian justru mengungkapkan kekuatan.  Hanya orang yang kuat jiwanya yang bisa bersikap rendah hati. Ia seperti padi yang semakin berisi semakin merunduk. Orang yang rendah hati bias mengakui dan menghargai keunggulan orang lain. Ia bias membuat orang yang di atasnya merasa puas sekaligus membuat orang yang di bawahnya tidak merasa minder.

4.    Kesetiaan
Kesetiaan seperti sudah menjadi barang langka dan sangat tinggi harganya, kita sulit menemukan orang yang memiliki kesetiaan, orang yang selalu bias dipercaya dan diandalkan, Dia menepati janji, memiliki komitmen yang kuat, rela berkorban, dan tidak suka berkhianat.

5.    Bersikap Positif
Orang yang bersikap positif selalu berusaha melihat segala sesuatu dari kacamata positif, bahkan dalamm situasi yang buruk sekalipun. Dia lebih suka membicarakan kebaikan dari pada keburukan orang lain.

Stretgi dalam penerapan metode pembelajaran yang digunakan pada pembelajaran orang  dewasa dapat diterapkan apabila diyakini bahwa peserta diklat adalah pribadi-pribadi yang mempunyai pengalaman dan keamatangan, dapat mengarahkan diri mereka sendiri, mengerti diri sendiri, dapat mengambil keputusan untuk sesuatu yang menyangkut dirinya. Pembelajaran orang dewasa tidak akan mungkin berkembang apabila meninggalkan ideal dasar orang dewasa sebagai pribadi yang mampu mengarahkan diri sendiri. 

Penggunaan metode pembelajaran  yang partisipatif dari beberapa prinsip pembelajaran  yaitu memiliki potensi dan gaya belajar dengan melibatkan aktivitas mental dan fisik, dapat berpartisipasi untuk saling belajar, sebagai wahana demokratisasi dan saling menghargai kebersamaan dan perbedaan serta mampu menggunakan metode dan teknik berdasarkan pengalaman belajar.

Dengan menguasai dan menggunakan metode dan teknik pembelajaran yang tepat diharapkan peserta dakan memiliki kebanggaan dan senang untuk belajar, senantiasa menggunakan setiap kesempatan untuk belajar, menyadari bahwa penggunaan waktu untuk belajar merupakan investasi penting dan sebagai kunci utama untuk kemajuan diri dan lingkungannya. Effektivitas penerapan metode pembelajaran akan menentukan keberhasilan diklat.

Lanjutkan dengan membaca artikel berikut :