Presiden Ternyata Suka Tari Lengger Banyumasan

Kesenian Calung Lengger Banyumasan mendapat undangan khusus dari Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono, untuk tampil pada puncak acara Pentas Seni Nusantara yang akan ditampilkan di Halaman Istana Negara sebelum Upacara Penurunan Bendera Peringatan HUT ke 62 Kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus 2012 mendatang.

Kepastian ini diperoleh setelah Kabag Humas dan Protokol, Kamijo, SH., M.Si, bersama Kepala Kantor Diklat Kabupaten Banyumas Agus Nur Hadie, S.Sos, M. Si memenuhi undangan Kepala Sekretariat Presiden Mayjen Nanang Djuana Priyadi di Istana Negara Selasa (1/8) kemarin.

Selain Banyumas akan tampil Tari Siya-siya dari Maluku, Marching Band dari Tarakanita Jakarta serta Bahana Candra dari Riau. Akan tampil pula putra Banyumas Dion Idol yang akan menyanyikan lagu Gebyar-Gebyar.

Kabag Humas dan Protokol Kamijo, SH, M.Si mengatakan Calung Lengger Banyumasan mendapat undangan khusus dari Presiden setelah beliau terkesan pada penampilan kesenian Calung Lengger Banyumasan saat tampil pada acara Borobudur Interhash 2012 di Magelang pada bulan Mei 2012 yang lalu.  

Tarian Lengger Banyumasan ternyata selalu menjadi daya tarik seni tersendiri bagi banyak pihak tak terkecuali Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Sehingga seusai pertunjukan, Presiden memberi standing apllause saat 100 penari dari berbagai sekolah SMP/SMK/SMA selesai melaksanakan pementasan.

Sementara Agus Nur Hadie mengatakan dalam acara nantinya, tari Lenggok yang berarti 'Lengger Elok' akan menjadi tarian pembuka dimana tarian ini pernah menjadi juara 1 tari unggulan daerah Jateng 2011. Kemudian dilanjutkan dengan tarian utama yang diciptakan oleh SMK 3 Banyumas dengan koreografer oleh Ida Restina dan penata musik oleh Rumpoko Setiaji dengan nama tarian 'Bunga Mas' yang menggambarkan keberhasilan pembangunan di Banyumas.

”Tarian Lengger Banyumas memang sudah dikenal dan tampil dimana-mana, karena tari khas Banyumas ini sangat energik dengan iringan musik calung, dan kesan itu menjadi lebih sempurna ketika akan tampil di Halaman Istana Negara dan akan disaksikan langsung oleh Presiden,” pungkas Agus.

Lanjutkan dengan membaca artikel berikut :