Kesiapan Pemkab Banyumas Terhadap Era Digital

Kesiapan Pemkab Banyumas Terhadap Era Digital -Bertempat di Gedung Graha Satria Kabupaten Banyumas, Kamis (13/9) diselenggarakan pemetaan/survey program Information and Communication Technology (ICT) Pura 2012. Kegiatan dihadiri oleh tim ICT Pura Provinsi Jawa Tengah, konselor ICT Pura 2012 Kabupaten Banyumas, dan anggota Pokja Survey ICT Pura 2012 Kabupaten Banyumas.

Kabid Kominfo Dinhubkominfo Kabupaten Banyumas, Puji Prihatini SH menjelaskan, survey dilakukan menyusul terpilihnya Banyumas sebagai satu dari 165 kabupaten/kota di Indonesia yang diprioritaskan dalam Program ICT Pura, program yang dimotori oleh Kementrian Kominfo dan unsur masyarakat yang diwakili sejumlah asosiasi TIK. ICT Pura adalah gerakan bersama seluruh komponen bangsa untuk memetakan, mengukur dan mengapresiasi kota-kota dan kabupaten-kabupaten di nusantara terkait kesiapan dalam memasuki era digital tahun 2015.

Tujuannya, terang Puji, untuk memetakan indeks kesiapan kabupaten/kota di seluruh Indonesia menuju era masyarakat digital yang berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Untuk itu disiapkan indikator berupa kuesioner untuk mengukur kesiapan kabupaten/kota sehingga memberi manfaat bagi pemda, pemerintah pusat dan masyarakat dalam mengembangkan TIK serta meningkatkan daya tarik investasi di bidang TIK.

Penjelasan teknis pengisian kuesioner kepada pokja ICT Pura Kabupaten Banyumas dilakukan oleh tim ICT Pura Provinsi Jawa Tengah, didampingi konselor ICT Pura Kabupaten Banyumas Alfin Hikmaturokhman, ST, MT dari Akademi Telekomunikasi (Akatel) Sandhy Putra Purwokerto, dan Kasi Telematika Dinhubkominfo Kabupaten Banyumas, Jakarta Tisam S.STp,M.Si. Selanjutnya, setelah diisi oleh pokja kabupaten, kuesioner dikumpulkan kepada tim ICT Provinsi melalui Dinhubkominfo dan konselor kabupaten.

Sekda Kabupaten Banyumas, Ir Mayangkoro dalam sambutannya mengingatkan tentang pentingnya TIK di era modern saat ini. Menurutnya, kemajuan TIK telah merambah berbagai aspek kehidupan masyarakat seperti dalam domain politik, sosial, ekonomi, budaya, ideologi, politik, dan pertahanan keamanan, serta telah merubah tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara, termasuk dalam pelaksanaan tugas dan pengabdian di lingkungan Pemkab Banyumas.

Mayangkoro meminta kepada para anggota pokja survey ICT Kabupaten Banyumas untuk dapat memberikan informasi apa adanya, sehingga data yang dihasilkan tim ICT Jawa Tengah mencerminkan keadaan yang sebenar-benarnya. ”Apabila nantinya Kabupaten Banyumas dinilai siap menghadapi era digital, Insya Allah kita bisa mendapatkan apresiasi berupa penghargaan ICT Pura terbaik nasional, atau penghargaan ICT terbaik nusantara” harapnya.

”Tetapi yang lebih penting adalah, kita harus  termotivasi untuk lebih serius dan bekerja lebih keras dalam mempersiapkan diri menghadapi era masyarakat digital, melalui beragam program pembangunan dan penerapan TIK di Kabupaten Banyumas” pesannya.รข– 

Lanjutkan dengan membaca artikel berikut :